Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Alarm Remote Motor V12 pada Honda Beat FI 2014 tanpa Relay

Alarm Remote Motor adalah alat yang sangat bermanfaat untuk mengamankan kendaraan kita dari pencurian kendaraan, motor yang sudah terpasang alarm bukan berarti motor akan selalu aman, Alarm motor adalah sebagai alat tambahan agar motor kita aman dari pencurian kita harus waspada juga selalu letakkan kendaraan kita ditempat yg aman.

Jika kalian mau memasang alarm motor, berikut ini adalah cara pemasangan alarm motor sesuai dengan judul yaitu Cara Pasang Alarm Remote Motor V12 pada Honda Beat FI 2014 tanpa Relay.

Kali ini alarm yang akan saya buat artikel adalah alarm remote merk V12, alarm ini bisa anda beli di toko online seperti shopee, tokopedia, bukalapak dll. dengan harga sekisaran Rp 100,000.

Sebelum anda membeli produk aarm motor, silakan belajar memasang dengan cara membaca artikel sampai selesai, agar anda semakin yakin bahwa anda membeli produk dan juga bisa memmasangnnya, berikut ini adalah tutorialnya:

Cara Pasang Alarm Remote Motor V12 pada Honda Beat FI 2014 tanpa Relay




PAKET PRODUK ALARM V12

Dalam paket produk alarm motor V12 anda akan mendapatkan 

  1. 2 buah remote
  2. 1 buah speaker V12 125db
  3. 1 rangkaian kabel lengap dengan konektor ke module alarm
  4. 1 buah module alarm lengkap dengan konektor kabel dan konektor speaker


WARNA & KEGUNAAN KABEL ALARM V12

  1. Kabel Hitam alarm V12 adalah  Kabel Aux module alarm -12vdc diharuskan di sambung ke terminal negatif AKI.
  2. Kabel Merah Alarm V12 adalah kabel Aux module alarm +12vdc diharuskan disambung ke terminal positif AKI.
  3. Kabel Orange Alarm V12 adalah kabel alarm yang berfungsi sebagai sensor atau sebagai penyuplai tegangan dari alarm, kabel ini harus disambungkan ke kabel output kunci kontak agar ketika alarm aktif maka akan medeteksi bahwa kunci telah On dan alarm akan berbunyi.
  4. Kabel Biru Alarm V12 adalah kabel bermuatan +12vdc saja ketika tekan starter pada remote, kabel ini harus disambung pada kabel starter kendaraan agar fungsi start engine dari remote berfungsi.
  5. Kabel Kuning Alarm V12 adalah kabel alarm yang berfungsi untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri, kabel ini berjumlah 2kabel, dan disambungkan pada kabel positif lampu sein kanan dan satunya lagi ke kiri.
  6. Kabel Abu-abu & Pink Alarm V12 adalah kabel alarm yang berfungsi sebagai Cut Engine, kabel ini akan dipasang secara seri jika mengunakan pengapian AC namu dengan pengapian Dc seperti kendaraan saat ini maka diperlukan hanya satu kabel saja yang akan disambungkan pada kendaraan, akabel ini harus disambung ke pulser agar Engine akan stop jika alarm berbunyi.

PENYAMBUNGAN KABEL ALARM V12

Sebelum memulai penyambungan anda haru melepas cover motor menggunakan obeng dan peralatan seadanya yang ada dirumah anda. berikut ini adalah langka-langka untuk penyambngan kabel alram v12:

  1. Lepas cover kendaraan yang ada dibawah bagsi bagian depan.
  2. Lepas cover kendaraan dari atas sampai bawah yang ada pada bagian depan.
  3. Silakan sambungkan kabel alarm warna HITAM dan MERAH pada terminal AKI, kabel alarm warna HITAM disambungkan ke terminal AKI negatif sedangkan MERAH disambungkan ke terminal AKI positif. penyambungak kabel ini dibutuhkan tambahan kabel sekitar 2 meter karena terlalu jauh letak AKI kendaraannya. jangan lupa kabel alarm diselipkan yang rapi.

  4. Sambungkan kabel alarm motor warna ABU-ABU pada kabel pulser warna kuning yang ada dibawah bagasi, perlu diingat bahwa kabel pulser kendaraan akan stop jika kabel pulser ini terkena massa, jadi pastika di isolasi yang kuat jika anda menyampungkan kebel alarm pada pulser.

  5. Sambungkan kabel BIRU alarm motor V12 pada kabel starter positif kendaraan yaitu kabel warna kuning garis hijau, kabel ini terletak didepan seperti gambar dibawah ini: 




  6. Sekarang kita akan sambungkan kabel alarm V12 yang berwarna ORANGE pada kabel kontak yang berwarna hitam. seperti gambar dibawah ini: 



  7. Berikutnya sambungkan kabel alarm V12 yang berwarna KUNING, untuk penyambungan kabel kuning ini saya sambungkan dibagian kabel lampu sein bagian depan, kabel sein positif kiri adalah berwarna orange yang berada pada soket warna merah. sedangkan kabel sein positif sisi kanan adalah warna abu-abu, silakan kabel kuning alarm anda sambungkan  pada kabel sein kiri dan kanan masing-masing ya, silakan lihat pada gambar dibawah ini:
Nah, jika anda sudah selesai melakukan penyambungan, silakan dirapikan dan di isolasi yang kuat jika ada penyambungan kabel. 

Untuk soket speaker dan soket module silakan dipasang sesuai dengan pasanganya dan diletakkan didalm cover motor agar aman dan tidak bisa di jangkau pencuri kendaraan.

Setelah itu coba lakukan pengujian alarm motor yang sudah terpasang seperti dibawah ini:


PENGUJIAN ALARM V12

  1. Lock adalah tombol alarm yang berfungsi untuk mengaktifkan alarm, jika ada orang yang akan mencuri kendaraan dengan cara membobol atau mengunkan kunci aslinya, maka alarm akan berbunyi dan mesin tidak akan dihidupkan. untuk mematikan alarm silakan tekan unlock.
  2. Unlock adalah tombol alarm yang berfungsi untuk mematikan alarm.
  3. Lonceng adalah tombol alarm yang berfungsi untuk mencari kendaraan diparkiran, tekan 1x untuk membunyikan alarm dan lampu, tekan unlock untuk mematikannya.
  4. Stater adalah tombol alarm yang berfungsi untuk start engine, sebelumnya silakan pakai standar tengah agar kendaraan tidak loncat ketika metekan starter, tekan 2x pada tombol stater pada remote maka spidometer dan engine akan hidup. untuk mematikannya silakan tekan tombol unlock.
Demikianlah artikel tentang "Cara Pasang Alarm Remote Motor V12 pada Honda Beat FI 2014 tanpa Relay" semoga bermanfaat untuk kita semua. untuk melihat versi videonya silakan kunjungi channel youtube DHEAN SKEE agar semakin yakin dan 100% berhasil dalam pemasangan alarm motor.


Post a Comment for "Cara Pasang Alarm Remote Motor V12 pada Honda Beat FI 2014 tanpa Relay"