Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan standard warna pada kabel alarm remote sepeda motor

Pada gambar dibawah ini adalah contoh kabel alarm remote merk Mp One Way, namun pewarnaan tetap standard kabel alarm pada umumnya.



Pada kesempatan ini saya akan, berbagi pengetahuan tentang kabel alarm remote motor ini, terkadang kita tidak tau apa saja fungsi dari setiap warna kabel alarm ini? tentu kita harus mengetahui sebelum kita menyambungkannya ke kabel sepeda motor kita.

Jika kita tidak tau fungsi dari setiap warna kabel alarm ini, pasti kita akan mengikuti petunjuk berupa skema yang ada dalam produk ini.

baik, berikut ini keterangan warna kabel pada alarm tersebut:

Fungsi dan standard warna kabel alarm remote motor


Kabel Alarm Warna Hitam

Kabel warna hitam ini adalah kabel arus supply alarm, biasanya kabel ini disambung pada terminal negatif AKI atau bisa juga ada baut body yang sudah terhungbung dengan terminal negatif AKI.

Kabel Alarm Warna Merah

Kabel warna merah adalah kabel arus positif power supplay dari alarm ini, kabel alarm ini biasanya tersambung pada terminal positif AKI. kenapa harus diterminal positif Aki? karena alarm ini perlu power standby agar alarm tetap bisa dihidupkan.

Kabel Alarm Warna Orange

Kabel alarm warna orange ini bekerja untuk mendeteksi tegangan positif dari kontak, sehingga module alarm bisa merasakan bahwa kunci telah dibobol, kabel oranye alarm ini juga bekerja untuk memberikan tegangan 12 volt ketika akan melakukan starter dari remot alarm, kabel ini biasa ditabungkan pada kabel output kunci yang menuju ke kelistrikan kendaraan.


Kabel Alarm Warna Biru

Kabel alarm ini adalah kabel yang berfungsi  untuk menghidupkan mesin kendaraan dari remot alarm motor,  kabel ini akan mengeluarkan tegangan 12 volt DC selama 3 detik jika kita akan melakukan starter dengan menekan tombol alarm remote motor,  kabel ini biasa disambungkan pada Kabel coil positif relay bendik stater sehingga kontak relay bisa tersambung dan menghidupkan dinamo stater kendaraan selama 3 detik.


Kabel Alarm Warna Kuning

Kabel alarm motor warna kuning berjumlah 2 kabel,  kabel ini bermuatan positif jika alarm bunyi kabel ini berfungsi untuk menghidupkan lampu kendaraan mengikuti irama speaker alarm motor, kabel ini biasa disambungkan pada positif lampu sein kanan dan kiri.


Kabel Alarm Warna Pink dan Abu-Abu

kabel pink dan kabel abu-abu adalah kabel yang berfungsi sebagai Cut engine yaitu mematikan kendaraan jika terjadi alarm, kabel ini akan dipakai dua-duanya jika pengapian kendaraan memakai pengapian AC namun jika sudah memakai pengapian DC maka dianjurkan memakai tambahan relay untuk memodifikasinya semisalnya memutus arus massa standar switch dan sebagainya.

Baik, itulah artikel tantang " Fungsi dan standard warna pada kabel alarm remote sepeda motor " semoga bermanfaat untuk kita semua.