-->

Merangkai Relay Starter Pada Kendaraan Suzuki Satria FU

 RAJA ALARM MOTOR – Assalamu Alaikum WR-WB selamat datang sobatku semua, sebangsa dan setanah air yaitu Indonesia.

Pada kesempatan ini Admin akan membuat artikel tentang Cara Pasang Relay pada Suzuki Satria Fu, yang akan difungsikan sebagai Rangkaian Pelengkap Alarm Remote Motor agar fungsi Starter pada Remote Berfungsi.

PENGERTIAN ALARM MOTOR

Alarm Motor adalah suatu alat electronika yg berfungsi mengamankan kendaraan sepeda motor. Alarm tidak hanya dipasang pada Mobil, alarm juga bisa dipasang pada kendaraan sepeda motor, alarm ini banyak fitur bahkan bisa melebihi fiture alarm yang ada pada mobil.

Terus kenapa bang pemasangan alarm harus ditambahkan relay ?...

Dalam pemasangan Alarm pada motor berbedah-bedah, terkadang alarm tersebut kelistrikannya sesuai dengan system pengapian motor terkadang juga tidak.

Pada Kendaraan Suzuki Satria FU ini kabel starter dari tombol starter ke bendik starter motor memakai muatan positif. 

Biasanya kabel warna Biru alarm remote merk Vinyx, saya sebut saja merk alarmnya yaitu Vinyx, kabel tersebut langsung disambung pada kabel starter yang ada pada tombol starter sebelah kanan ataupun pada relay bendik starter Suzuki Satria FU. Namun kalau kita ceroboh pada saat gigi masuk dan kita tidak sengaja tombol starter pada remote, maka mesin akan hidup dan kendaraan akan loncat..... wau!!!! Bahaya ya.

Pada waktu itu saya berfikir dan mendapatkan ide yang bagus, yaitu menambah satu buah relay 12vdc agar ketika starter dari remote hanya bisa dilakukan pada posisi gigi Netral terlebih dahulu agar aman.

Terus bagaimana caranya ? Sobatku harus pasang Relay.

PENGERTIAN RELAY





Relay adalah alat electronika yang kerjanya berdasarkan listrik, berfungsi memutus dan menyambung aliran listrik.

Relay terdiri dari coil dan kontak, coil yaitu nomor 85 dan 86 pada kaki 85 adalah coil positif dan pada kaki 86 adalah coil negatif, jika coil ini diberi tegangan 12vdc maka relay akan aktif.

Kontak relay adalah sebuah saklar pemutus dan penyambung yaitu kaki no. 30 sebagai common dan 87 sebagai kontak NO dan kaki 87A sebagai contak NC.

Jika Sobatku sudah mengerti cara kerja relay yang sudah saya jelaskan diatas, maka kita akan membahas cara pemasangan relay pada sepeda motor Suzuki Satria FU.

CARA MEMASANG RELAY

Dalam pemasangan Relay pada sepeda motor Suzuki Satria FU kita harus selalu berhati-hati agar tidak merusak komponen-komponen lain yang ada pada kendaraan Suzuki Satria FU.


Langkah-langkah menyambungkan Relay pada kabel alarm dan kabel Suzuki Satria FU sebagai berikut :

  1. Sambungkan kabel Biru Alarm Remote pada relay no.85 lalu dicabang ke 30.
  2. Sambungkan kaki relay no.86 pada kabel gigi netral sepeda motor Suzuki Satria FU.
  3. Sambungkan kaki Relay no.87 pada kabel starter atau bendik starter Suzuki Satria FU.
  4. Untuk kaki relay no.87A tidak dipakai.

Setelah pemasangan relay selesai dan semua penyambungan sudah rapi dan sudah diisolasi silakan sambungkan kembali kabel Accu yang pada saat memulai penyambungan dilepas dan sekarang karena sudah selesai penyambungan silakan di sambungkan lagi.

CARA MENGUJI RELAY

Dalam pengujian Relay gampang sekali bagi yang sudah pernah, dan bagi yang belum pernah melakukan jangan kawatir kali ini, admin akan memberi informasi bagaimana cara menguji Relay.

Silakan lepas kunci kontak yang sedang melekat pada kendaraan Suzuki Satria FU, posisikan kendaraan pada posisi standar tengah, lakukan starter dari remote Alarm Remote dengan cara tekan tombol petir 2x dengan cepat sampai mesin sepeda motor Suzuki Satria FU hidup.

Jika Mesin kendaraan Suzuki Satria FU sudah hidup artinya pemasangan Relay anda berhasil, selamat ada sudah memahami cara mamasang Relay pada Suzuki Satria FU, bila anda ingin melihat tutorial yang lain silakan cari di menu navigasi.

Demikian artikel Merangkai Relay Starter Pada Kendaraaan Suzuki Satria FU semoga bermanfaat bagi kita semua.


0 Response to "Merangkai Relay Starter Pada Kendaraan Suzuki Satria FU"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel