Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara pasang alarm X-case | Yamaha Jupiter Z



Merk Alarm : X-CASE
Type motor : JUPITER Z1
Merk motor : Yamaha

A.Warna Kabel Alarm :

Berikut ini adalah warna kabel alarm Alarm X-CASE yang akan disambungkan pada kabel kendaraan Yamaha JUPITER Z1

1. Kabel merah Alarm X-CASE adalah kabel yang perlu disambungkan pada terminal Accu kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

2. Hitam Alarm X-CASE adalah kabel yang perlu disambung pada terminal Accu kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

3. Orange/Coklat Alarm X-CASE adalah kabel sensor yang perlu disambung pada kabel output kunci kontak Yamaha JUPITER Z1 sebagai seonsor ketika kunci dibobol maling atau sebagai supplay tegangan ketika sedang melakukan stater dari remote.

4. Biru Alarm X-CASE adalah kabel yang berfungsi untuk stater mesin, kabel ini bertegangan positif 3-4detik jika sedang menekan tombol stater dari remote. kabel ini biasa disambung pada kabel stater positif kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

5. Abu-abu Alarm X-CASE adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engin kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

6. Pink Alarm X-CASE adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engine kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

7. Kuning 1 Alarm X-CASE adalah kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

8. Kuning 2 Alarm X-CASE adalah kabel kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

Jika sobat Blogger sudah tau fungsi dari kabel Alarm X-CASE yang perlu disambung pada kendaraan Yamaha JUPITER Z1, kita akan lanjut ke langkah berikutnya.

B. Langkah – langkah pemasangan

1. Lepas cover Kendaraan Yamaha JUPITER Z1 yg hanya perlu saja untuk melakukan penyambungan kabel Alarm X-CASE.

2. Lepas kabel positif Accu kendaraan agar aman dalam penyambungan kabel Alarm X-CASE.

3. Letakkan module Alarm X-CASE dan speaker didepan jika kendaraan bebek/matic dan letakkan dibelakang jika kendaraan sport.

4. Untuk cara penyambungan agar lebih tahan lama dan awet bertahun-tahun gunakan cara penyambungan yang baik, dengan cara disolder pada tiap penyambungan kabel Alarm X-CASE dan diisolasi yang kuat, isolasi yang dipakai harus tahan air.

5. Sambungkan kabel Alarm X-CASE warna MERAH ke kabel kunci kontak warna merah atau bisa juga ke terminal positif Accu kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

6. Sambungkan kabel alarm warna HITAM alarm X-CASE ke kabel massa/negative warna hitam atau langsung ke terminal negatif Accu kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

7. Untuk saat ini alarm sudah bisa berbunyi ketika ditombol lock/unlock pada remote Alarm X-CASE.

8. Penyambungan kabel ORANGE/COKLAT alarm X-CASE, pada kabel warna coklat pada kunci kontak kendaraan Yamaha Jupiter Z1.

9. Sambungkan kabel warna BIRU alarm X-CASE pada kabel stater kendaraan Yamaha Jupiter Z1. Dikarenakan Stater kendaraan Yamaha Jupiter Z1 adalah negative, maka diperlukan penambahan relay untuk memodifikasi kabel biru alarm yang awalnya positif akan kita ganti menjadi negative.

Caranya :

Beli Relay 12vdc 5 kaki yang ada nomor kaki relay 85, 86, 30 dan 87 ditempat terdekat biasa dijual di benkel mobil atau motor dan bisa anda dapatkan di toko sparpart kendaraan dengan harga sekitar Rp 5.000 sd Rp 30.000

Untuk penyambungan Anda bisa sambungkan kaki relay 85 pada kabel Aalrm X-CASE warna Biru.

Kaki relay nomor 86 dan 30 sambungkan pada kabel negative Yamaha Jupiter Z1. Dan yang Terakhir sambungkan kaki relay no. 87 pada stater negative Yamaha Jupiter Z1 yaitu kabel warna Biru garis putih yang ada ditombol atau di relay bendik stater. lebih detailnya Sobat Blogger bisa buka https://skemarelay.blogspot.com untuk melihat cara Pasang Relay 4 Kaki Pada Yamaha Jupiter Z1 untuk stater dari remote alarm X-CASE.

Saat ini Yamaha Jupiter Z1 sudah bisa distater dari remote alarm X-CASE, ingat kalau mau stater dari remote posisikan kendaraan Yamaha Jupiter Z1 posisi standar Tengah dan Gigi Netral.

10. Sambungkan Kabel warna ABU-ABU Alarm X-CASE ke pulser yaitu kabel warna putih disoket 2pin yaitu kabel yang keluar dari dalam mesin, letaknya soketnya pada gigi samping kiri, buka cover-covernya agar kelihatan.

11. Sambungkan kabel warna KUNING 1 Alarm X-CASE ke kabel sein kiri belakang atau depan yaitu warna Coklat Tua pada kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

12. Sambungkan kabel warna KUNING 2 Alarm X-CASE ke kabel sein kanan belakang atau depan yaitu warna Hijau Tua kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

13. Kabel Pink dalam pemasangan Alarm X-CASE pada kendaraan Yamaha JUPITER Z1 ini tidak dipakai.

C.Pengujian alarm pada motor :

1) Tekan tombol LOCK , tombol ini berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan Alarm X-CASE ketika kendaraan Yamaha JUPITER Z1 diparkir. Alarm X-CASE akan berbunyi jika kunci dibobol atau disentuh. Tekan tombol UNLOCK untuk mematikan Alarm X-CASE.

2) Tombol UNLOCK ,tombol ini befungsi untuk mematikan Alarm X-CASE ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin dihidupkan dari remote.

3) Tombol SIRINE , tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas, Alarm X-CASE akan berbunyi dan sein kanan-kiri akan berkedip-kedip pada kendaraan Yamaha JUPITER Z1.

4) Tombol PETIR ,tombol ini berfungsi menghidupkan mesin dari remote Alarm X-CASE, tekan 2 kali dengan cepat sampai spidometer & mesin hidup kendaraan Yamaha JUPITER Z1. Dan untuk mematikan mesin tekan tombol UNLOCK 1kali pada Remote Alarm X-CASE.

Tips dari Admin : bila dalam keadaan darurat ketika kendaraan Yamaha JUPITER Z1 anda dirampas dijalan sepi oleh perampok, tekan tombol LOCK dan seketika mesin akan mati dan alarm berbunyi terus menerus, untuk mematikan alarm anda harus menekan tombol UNLOCK pada remote Alarm X-CASE.

Demikian artikel tentang Cara Benar Pasang Alarm Motor X-CASE Pada Yamaha Jupiter Z1 semoga bermanfaat untuk kita semua.

Post a comment for "Cara pasang alarm X-case | Yamaha Jupiter Z"