Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasang Relay Pada Kabel Switch Standar Samping Untuk Cut Engine

Selamat jumpa lagi di website Raja alarm motor, kali ini saya akan membahas artikel tentang  Pasang Relay Pada Kabel Switch Standar Samping Untuk Cut Engine. Sebelumnya anda harus tahu apa itu Relay?

Relay adalah alat Elektronika yang yang berfungsi untuk menyambung atau memutus rangkaian listrik, relay ini terdiri dari coil dan anak kontak, relay ini bisa anda beli pada bengkel motor atau bengkel mobil dengan spesifikasi 12Vdc 5 kaki yaitu mempunyai kontak NC ditandai dengan adanya nomor kaki nomor 30 dan 87a.

Coil pada relay ini yaitu nomor 85 dan 86, kaki relay 85 sebagai positif sedangkan kaki relay 86 sebagai negative, untuk anak kontaknya yaitu kaki relay nomor 30 dan 87 itu adalah kontak NO sedangkan 30 dengan 87 a adalah kontak NC.

Fungsi dari relay ini jika kaki relay nomor 85 di beri tegangan 12 volt Positif (+)  dan kaki relay no. 86 diberi tegangan negative (-),  maka anak kontak akan aktif yang awalnya 30 dan 87 itu NO menjadi NC dan sebaliknya nomor 30 dan 87a awalnya NC akan menjadi NO. Untuk rangkaian Cut engine memerlukan anak kontak NC yaitu kaki relay nomor 30 dan 87a.

Jika kalian sudah mengerti apa itu relay yang sudah saya terangkan di atas. Jika sudah, maka kita akan melanjutkan tutorial berdasarkan judul yang ada di atas yaitu pasang relay pada kabel switch standar samping untuk Cut engine di bawah ini adalah skema Cut engine.

Langkah-langkahnya adalah cari soket switch standar samping warna hijau dengan kabel warna hijau dan hijau-putih. Letak soket ini ada di bawah kunci jika honda beat dan ada dibawah batasi sebelah kanan jika honda vario jika di motor lain bisa jadi bedah lagi tempatnya. Mungkin kalian bisa membongkar covernya dulu agar mudah untuk penyambungan. Jika soket ini sudah Anda temukan maka pilih salah satu kabel di antara dua kabel itu untuk dipotong dengan cara Anda sendiri dalam menyambung kabel, bisa dengan cara dipotong atau melepas pada soket tersebut.

Disini kita akan memberi contoh cara dipotong. Pada gambar diatas kabel hijau garis putih dipotong lalu potongan tersebut disambung pada kaki relay nomor 87a, dan potongan selanjutnya disambungkan pada kaki relay nomor 30.

Jika penyambungan kabel switch standar samping pada anak kontak relay sudah selesai, dilanjut dengan penyambungan kabel coil relay, di bawah ini adalah gambar penyambungan coil relay yaitu kaki 85 dan 86.

Coil relay adalah suatu elemen di dalam relay jika koil ini diberi tegangan 12 volt DC maka akan menimbulkan medan magnet dan akan menggerakkan tuas pada anak kontak. Kaki anak kontak pada relay ini adalah kaki bernomor 30, 87 dan 87a sedangkan coil adalah kaki bernomor 85 dan 86.

Dalam pemasangan alarm motor kita harus menggunakan anak kontak NC untuk memutus aliran suatu rangkaian switch standar samping pada motor langkah-langkah di atas kita sudah menyelesaikan penyambungan pada anak kontak relay sekarang adalah langkah-langkah untuk menyambung coilnya, kaki coil relay yaitu nomor 85 dan 86 agar relay ini aktif maka nomor 85 ini Anda sambungkan pada positif baterai motor Anda, dan kalau lebih aman lagi anda sambungkan pada kabel orange alarm yang sudah tersambung pada kabel kontak, sedangkan kaki relay nomor 86 ini kalian sambungkan pada kabel abu-abu alarm motor.

Demikian artikel tentang Pasang Relay Pada Kabel Switch Standar Samping Untuk Cut Engine semoga bermanfaat bagi kita semua, jika sahabat ingin bertanya tanya silakan berkomentar dibawah. 
Admin
Admin Saya adalah seorang penulis Blog seputar informasi kelisrikan dan pemasangan alarm motor yang sudah beredar di indonesia

Post a comment for "Pasang Relay Pada Kabel Switch Standar Samping Untuk Cut Engine"

Berlangganan via Email