Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pasang Alarm

rajaalarmmotor.com - Dalam pemasangan alarm motor, Pengalaman adalah yang paling terpenting, jika kita tidak mempunyai pengalaman dalam bidang pemasangan alarm motor, maka kita akan berusaha mencari sumber bagaimana cara memasang alarm motor dari teman teman kerabat atau searching di internet.


Image: Alarm Remote Motor Mp One Way



Cara Pemasangan Alarm Motor Untuk Pemula

Mengapa pengetahuan kita tentang cara memasang alarm sangat penting?.. agar dalam pemasangan alarm motor tidak merusak alat-alat komponen yang ada di dalam kendaraan yang akan di pasang alarm.

Alarm motor jenis remote seperti merek-merek di bawah ini mempunyai kabel standar pewarnaan yang akan dipasang pada kapal kendaraan bermotor. Apa saja merk alarm motor?... 

Merk Alarm Motor Yang sudah beredar dipasaran yaitu :
  1. Vinyx Biasa
  2. Vinyx injeksi
  3. Panastar
  4. BHT Bohante
  5. V12
  6. CR7
  7. X-Ride
  8. MP One Way
  9. MP Two Way
  10. Golden Six
  11. Panom
  12. WM
  13. Dan nanti akan ada baru lagi...
Sebuah merk alarm motor remote biasanya dalam pembelian disertai dengan :
  1.  Modul alarm
  2.  2 buah remot
  3.  Socket 8 buah kabel
  4.  Double tipe
  5.  Baterai remote sudah termasuk
  6.  Baterai Backup 9 Volt (Jika sudah ada fitur backup)
  7. Manual Book
Terkadang kalau yang mempunyai fitur backup baterai itu terfasilitasi dengan baterai 9 volt fungsinya untuk membackup jika baterai motor tiba-tiba mati karena ulah pencuri terus yang terakhir itu dilengkapi dengan kabel yang sudah dipasang soket untuk disambungkan pada motor sepeda motor.

Apa saja warna kabel alarm motor tipe remote ?
warna-warna yang ada di modul alarm motor jenis remote, warna-warna kabel alarm terbagi 3 antara lain, kabel antena biasanya kabel antena ini ujungnya sudah tertutup, kabelnya pendek.

Kemudian ada dua kabel lagi yang sudah dilengkapi dengan socket male dan female yaitu kabel speaker, kadang kabel speaker ini warna-warnanya dan berganti-ganti, karena beda merk. Tapi tidak masalah karena soketnya sepasang jadi tinggal colok antara kabel speaker dengan kabel module alarm.

Dan terakhir adalah kabel berjumlah 8 buah, di antara 8 kabel ini berwarna merah, hitam, orange, biru, abu-abu dan kuning. delapan kabel ini yang paling penting disambungkan pada kabel kendaraan.

Apa fungsi 8 buah kabel alarm yang dipasang pada kendaraan?
Berikut ini adalah fungsi pada tiap 8 kabel alarm tipe remote yang merknya sudah saya sebutkan diatas.

Kabel Alarm Warna Merah
kabel ini adalah kabel auxiliary positif. Anda bisa menyambungkan kabel ini pada kabel baterai positif motor Anda. Kabel ini juga sangat penting banget pada modul karena kabel ini sebagai sumber daya pada modul agar modul bisa tetap stand by.

Kabel Alarm Warna Hitam
kabel ini sebagai a
uxiliary negatif, kabel ini juga sangat penting banget, kabel ini bisa kalian sambungkan pada baterai motor pada posisi negatif jika kabel ini terputus maka modul alarm akan off dan tidak berfungsi.

Kabel Alarm Warna Orange
kabel ini berfungsi sebagai sensor, ketika kunci kendaraan dibobol maka kabel ini akan teraliri tegangan 12 volt positif sehingga akan menyalakan alarm ketika kita sudah menekan tombol lock pada remote. Kabel ini bisa kalian sambungkan pada Output kunci kontak positif kendaraan anda.

Selain itu juga.. kabel ini berfungsi untuk menyuplai tegangan 12 volt pada output kunci kontak, untuk menyalakan kelistrikan kendaraan ketika menyalakan mesin tanpa kunci kontak menggunakan remote alarm.


Kabel Alarm Warna Biru
berfungsi untuk menyalakan mesin, kabel ini akan mengirim tegangan 12 volt DC menuju bendik stater pada kendaraan yang akan menyalakan dinamo starter motor sehingga mesin bisa menyala.

Terkadang sistem starter pada kendaraan itu berbeda-beda, terkadang positif dan terkadang negatif, contohnya pada motor Yamaha Matic Nmax 2019 staternya negatif dan ada permisif Rem jika akan melakukan stater. 

Maka dalam pemasangan kabel biru ini pada kendaraan seperti Yamaha matic Nmax diperlukan modifikasi, bisa menggunakan relay atau menggunakan dioda + relay. Anda bisa melihat contoh pada menu Modifikasi > Cara Pasang Relay.

Jika starter kendaraan yang akan di pasang alarm itu positif seperti Yamaha Nmax 2020, maka dalam pemasangan kabel warna biru ini tidak perlu dimodifikasi, tidak perlu ditambahkan Relay atau macam dioda. Jadi langsung saja disambung ke kabel starter motor contohnya pada Honda Beat dan Honda Vario itu sudah memakai starter positif.


Kabel Alarm Warna Pink dan Abu-abu
pemasangan kabel warna pink dan abu-abu kabel ini berfungsi untuk Cut Engine yaitu mematikan mesin ketika alarm berbunyi, kabel ini bisa kalian sambungkan pada kabel pulser motor jika kendaraannya itu kendaraan masih memakai kalkulator.

JIka kendaraan sudah memakai injeksi disarankan dalam pemasangan Cut engine memakai kabel standar samping yang di pasang secara seri dengan switch standar samping dengan menggunakan 1 buah relay 12 volt yang mempunyai kontak NC. 

Kabel Alarm Warna Kuning
pemasangan kabel kuning pada lampu motor, kabel kuning ini bermuatan positif, kenapa kabel kuning ada 2 ?.. karena 1 dipasang pada sen kanan, satu lagi dipasang pada sen kiri.

Ingat harus dipasang atau disambung pada Kabel positif lampu sen kanan dan satunya lagi sen kiri, kalau kalian memasangnya pada massa maka sekring yang ada di baterai motor akan putus.

Lalu bagaimana cara menguji remote alarm? 
Pengujian atau Pengetesan untuk pengetesan alarm tipe remote ada 3 tombol yang ada di tombol remote, diantaranya adalah tombol lock bergambar kunci tertutup, Unlock bergambar kunci terbuka, tombol searching bergambar lonceng dan yang terakhir tombol stater bergambar listrik. Jika kalian sudah Memasang alarm dengan sempurna maka saatnya kalian mengujinya.

Berikut ini adalah cara menguji Remote Alarm Motor :

Mengaktikan Alarm
yang pertama tekan lock lalu switch ON pada kunci kontak kendaraa anda, maka alarm akan berbunyi dan mesin tidak akan bisa di hidupkan dan akan diikuti nyalanya lampu sen berkedip-kedip. Untuk mematikan alarm kalian bisa menekan tombol unlock gambar kunci terbuka.

Mencari kendaraan diparkiran
Pengujian kedua yaitu searching ketika kendaraan ada di parkiran, Anda bisa menekan tombol lonceng maka seketika alarm yang ada di motor akan berbunyi disertai lampu sen yang berkedip-kedip. Untuk mematikan Anda cukup menekan Tombol gambar gembok terbuka.

Menyalakan mesin dari remote
yang ketiga yaitu menguji tombol starter, pastikan kendaraan anda dalam posisi standar tengah, posisikan anak kunci pada posisi off, lakukan starter pada remote dengan menekan tombol yang bergambar listrik tekan 2 kali dengan cepat, maka speedometer akan menyala dan mesin akan menyala, pada saat itu mesin menyala dan ketika anda mau mematikannya Anda tinggal menekan tombol unlock yaitu tombol gambar kunci terbuka. Jadi itulah langkah-langkah pengujian pada remote alarm motor.

Post a comment for "Tips Pasang Alarm"

Berlangganan via Email