Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasang Pengaman Alarm Motor Remote Pada YAMAHA LEXI 2018 yang masih menggunakan anak kunci

rajaalarmmotor.com - Anda mencari tutorial cara pemasangan alarm remot pada Yamaha Lexi? Anda tepat sekali mengunjungi situs Raja Alarm Motor, disini menyediakan banyak tutorial dari kabel alarm, kabel motor, serta cara pemasangan alarm pada motor.



Image from: https://www.yamaha-motor.co.id

Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman dan informasi terbaru yang saya dapat, silakan mengikuti panduan yang ada disini dan selalu hati-hati dalam pemasangan, jangan ceroboh.

Pemasangan alarm motor memang mudah bagi orang yang sudah pernah melakukannya, namun bagi orang yang Awam, hal ini sangat sulit karena mereka belum tahu warna-warna yang ada pada motor yang mereka Pasang Alarm.

Di situs ini Admin akan memberikan informasi warna-warna kabel motor yang akan anda Pasang alarm, anda bisa mengikuti panduan yang ada di situs ini dengan cara step demi step agar pemasangan sesuai dengan rencana.

Sebelum memulai penyambungan kabel alarm pada kabel motor,  letakkan model alarm beserta speakernya pada tempat yang aman, lalu sambungkan soket speaker pada soket model alarm yang sudah tersedia pada modul alarm, terdapat kabel pendek itu adalah kabel antena kabel antena tidak perlu disambungkan ke mana-mana biarkan saja seperti itu.

Jika langkah ini sudah anda lakukan, langkah selanjutnya adalah penyambungan 8 kabel yang ada pada soket modul alarm motor yang akan disambungkan pada kabel motor. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Pasang Pengaman Alarm Motor Remote Pada YAMAHA LEXI 2018  yang masih menggunakan anak kunci

1. KABEL MERAH
Disini admin akan sering cara pemasangan alarm motor pada Yamaha Lexi, pertama dalam pemasangan kabel warna merah, kabel merah alarm ini silakan anda sambungkan pada baterai motor positif, kabel merah ini harus tersambung pada baterai motor positif agar alarm bisa berfungsi dan jika kabel ini tidak tersambung maka alarm akan mati.

2. KABEL HITAM
Penyambungan kabel warna hitam alarm, kabel ini sebagai supply module alarm  motor,  anda harus menyambungkannya pada baterai motor yaitu negatif atau bisa juga anda sambungkan pada body besi motor atau yang biasa disebut massa ini juga sangat berpengaruh jika kabel ini terlepas atau belum disambung maka alarm motor takkan pernah berfungsi.

3. KABEL ORANGE
penyambungan kabel warna orange kabel ini berfungsi untuk sebagai sensor ketika kunci dibobol atau sebagai penyuplai tegangan dari modul alarm ketika anda melakukan starter mesin dari remote, silakan Anda sambungkan kabel warna oranye alarm ini pada kabel output Yamaha Lexi yaitu kabel output kontak warna coklat dan warna merah garis kuning, kabel ini terletak pada soket kunci kontak motor Yamaha Lexi yang ada di depan.

4. KABEL ABU-ABU
penyambungan kabel warna abu-abu, kabel ini adalah kabel Cut engine yang berfungsi untuk mematikan mesin jika kunci dibobol atau kita sengaja menekan tombol lock pada remot maka mesin akan mati, kabel ini silakan Anda sambungkan pada switch standar samping dengan menggunakan 1 buah relay 12 volt DC yang mempunyai kontak NC. warna kabel switch standar samping yamaha lexi adalah berwarna hitam.

Langkah langkah penyambungan relay pada kabel switch standar samping Yamaha Lexi :
Potong kabel switch standar samping Yamaha Lexi, Silakan sambungkan pada kontak relay yaitu kaki no.30 dan potongan satunya pada kaki no.87a. Kemudian sambungkan coil relay yaitu kaki no. 85 pada kabel orange alarm yang sudah tersambung pada kabel output kontak, lalu yang terakhir sambungkan kaki relay no.86 pada kabel warna abu-abu alarm. Lebih lengkapnya silakan lihat Skema Pemasangan Relay.

5. KABEL KUNING
penyambungan kabel warna kuning, kabel kuning pada alarm motor berjumlah 2 kabel. Kabel ini bermuatan 12 volt DC, kabel ini bisa anda sambungkan pada Kabel positif lampu sein kanan dan kiri Yamaha Lexi, kabel Yamaha Lexi bisa anda temukan di bagian depan yaitu pada soket warna putih.

Sebelumnya Anda harus membuka cover depan terlebih dahulu untuk mengetahui letak kabel lampu sein Yamaha Lexi, kabel lampu sein pada Yamaha Lexi berwarna coklat tua dan hijau tua, kabel ini bisa anda temukan pada songket warna putih yang ada di depan.

Untuk lampu sein kanan warna hijau tua, dan satunya lagi kabel lampu sen kiri yaitu warna coklat tua, silakan kabel warna kuning kalian sambungkan pada masing-masing lampu sen kanan dan satunya lagi Sen kiri bisa bolak-balik ya.

6. KABEL BIRU
Penyambungan kabel warna biru alarm, kabel biru alarm ini berfungsi untuk starter mesin Yamaha Lexi, kabel ini bisa anda sambungkan pada kabel stater Yamaha Lexi yaitu berwarna biru garis putih, kabel ini bisa anda temukan pada soket warna putih yang berdampingan dengan songket warna merah.

Kabel ini memerlukan tegangan positif jika kalian memberi tegangan positif pada kabel ini maka bendik starter yang ada di Yamaha Lexi akan menyala dan memutar dinamo starter, kabel ini cocok untuk penyambungan kabel alarm motor warna biru, silakan sambungkan kabel warna biru alarm motor pada kabel tersebut sebagai fitur stater dari remote tanpa penambahan relay ataupun diode.

7. KABEL PINK
Untuk kabel warna pink dalam pemasangan pada motor Yamaha Lexi ini tidak diperlukan, karena anda sudah memakai kabel warna abu-abu, kabel warna pink dan abu-abu fungsinya sama yaitu sebagai Cut engine kedua kabel ini mengeluarkan tegangan negatif jika alarm berbunyi

Demikian Artikel tentang Pasang Pengaman Alarm Motor Remote Pada YAMAHA LEXI  yang masih menggunakan anak kunci semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada pertanyaan silakan beri komentar anda. Terimakasih
Admin
Admin Saya adalah seorang penulis Blog seputar informasi kelisrikan dan pemasangan alarm motor yang sudah beredar di indonesia

Post a comment for "Pasang Pengaman Alarm Motor Remote Pada YAMAHA LEXI 2018 yang masih menggunakan anak kunci"

Berlangganan via Email