Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang relay Stater Memakai 2 Buah Relay 5 kaki SPDT | Yamaha-Mio

rajaalarmmotor.com - Anda mencari cara memasang relay untuk starter remote?
anda betul sekali mengunjungi halaman ini. Disini saya akan menerangkan cara merakit relay starter menggunakan relay Mini 12 volt DC 10 ampere, di skema ini saya menggunakan Relay ini namun jika Anda menggunakan relay dengan tipe yang berbeda, ada bisa saja silakan mengikuti tata letak pada nomor relay ini,

saya merangkai relay ini memakai dua buah dikarenakan pada motor staternya membutuhkan dua output, yaitu positif dan output negatif. Contohnya pada yamaha mio, yamaha Nmax lama, Yamaha M3 dan lain-lain.

Disini saya tidak menyebutkan warna kabel pada motor, namun Saya akan menyebutkan nama bendik stater minus atau Plus, untuk melihat warna-warna kabel Anda bisa melihatnya pada warna kabel motor yang ada di Sitemap situs ini.

Dimana harus membeli relay 12vdc 10A ?
Anda bisa membeli relay ini yaitu relay 12 volt DC 10 ampere, bisa anda beli di toko elektronika untuk saat ini Harga masih sekitar Rp5.000 sampai Rp6.000, untuk mereknya bervariasi ya Tergantung stok pada toko.

Relay yang bagus seperti apa ?
Jangan memilih Relay yang warnanya transparan, pilih yang sudah di resin dan anti air biasanya warna biru warna, hitam. jangan memilih warna transparan, memang murah sekitar Rp 2.500 namun kualitasnya sangat jelek banget.

Cara memasang relay stater negatif dengan menggunakan 2 buah relay 12vdc 10A


Cara merangkai relay stater :
Pada gambar diatas  adalah skema rangkaian dua buah relay, buat starter menggunakan 12 volt DC 10 ampere, sejajarkan dua buah relay atur seperti skema yang saya buat, silakan siapkan kabel, solder dan isolasi silakan ikuti penyambungan kabel seperti skema yang ada diatas ini.

Baterai minus bisa anda sambungkan pada relay warna kuning nomor 86, lalu di cabang lagi ke relay warna pink di nomor 30 dan dicabang ke relay pink lagi pada kaki 86.

Selanjutnya silakan kabel warna biru alarm, anda sambungkan pada relay warna kuning nomor 85 cabang lagi ke-30 lalu di cabang lagi ke relay warna pink nomor 85.

Cari kabel bendik stater positif, kalau sudah ketemu kabelnya silakan sambungkan pada relay kuning nomor 87.

Selanjutnya cari bendik stater minus, kalau sudah ketemu kabelnya silakan sambungan pada kaki relay 87 warna pink.

Jika sudah silakan dicoba dulu kalau sudah berfungsi Anda bisa isolasi relaynya dengan tebal, agar tidak short body yang menyebabkan sekring baterai anda terputus.

Cara menguji rangkaian relay stater :
Cara mengujinya motor harus di standar tengah, kemudian kunci motor harus posisi off Nyalakan mesin dengan menekan tombol starter pada remote dua kali, spidometer akan menyala dan mesin akan menyala, untuk mematikan mesin Anda bisa menekan tombol di remot gambar kunci terbuka 1x.

Jika pengujian reley anda baik seperti yang saya instruksikan di atas, maka Selamat Anda sudah sukses menerapkan skema yang saya buat dan merangkainya dengan tangan anda sendir,i mungkin anda sudah merasa puas dengan hasil upaya Anda sendiri, disini admin hanya mengucapkan saja Selamat atas upaya Anda memasang relay semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk Anda dan teman-teman yang telah membaca artikel ini.

Demikian Artikel tentang Cara memasang relay stater negatif dengan menggunakan 2 buah relay 12vdc 10A jika ada pertanyaan tentang artikel ini atau Anda request mau dibuatkan artikel Seperti apa silakan tulis komentar anda pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini selamat berjumpa lagi dengan admin di postingan berikutnya.

Post a comment for "Cara Pasang relay Stater Memakai 2 Buah Relay 5 kaki SPDT | Yamaha-Mio"